4 Unit Ruko di Kedai Runding Kluet Selatan Hangus Terbakar Rata dengan Tanah

TheTapaktuanPost | Kluet Selatan. Sebanyak 4 unit Ruko berkonstruksi semi permanen di Kedai Runding, Kecamatan Kluet Selatan, Kabupaten Aceh Selatan hangus terbakar rata dengan tanah pada Sabtu (9/1/2021) sekira pukul 04.25 WIB. Meskipun tidak ada korban jiwa, namun akibat musibah ini korban mengalami kerugian materil di taksir mencapai Rp. 900 juta lebih. Keterangan di himpun, penyebab kebakaran diduga akibat konsleting (arus pendek) listrik PLN.

Kapolres Aceh Selatan AKBP Ardanto Nugroho SIK,SH,MH melalui Kapolsek Kluet Selatan Ipda Yunizar menyebutkan, 4 unit ruko semi permanen yang hangus terbakar rata dengan tanah tersebut masing-masing milik Adi Muktar (45), M. Saman (70), Abral (35) dan Husni (60).

Bacaan Lainnya

Berdasarkan keterangan dari 2 orang saksi masing-masing Wily Saputra (30) dan Saiful (45) keduanya warga Gampong Kedai Runding, di sebutkan bahwa api pertama sekali berawal dari rumah Husni.

“Saat itu, saksi melihat kepulan asap keluar dari rumah Husni yang di duga bersumber dari konsleting (arus pendek) listrik PLN,” ungkap Ipda Yunizar.

Setelah melihat ada kepulan asap tebal dari salah satu Ruko, saksi langsung berteriak membangunkan masyarakat yang sedang terlelap tidur di pagi subuh itu. Dalam hitungan menit, puluhan warga setempat langsung berkumpul di lokasi kejadian memberikan pertolongan dengan peralatan seadanya.

Namun sayang, kondisi hembusan angin saat itu sangat kencang ditambah lagi bangunan Ruko berkonstruksi semi permanen menyulitkan upaya pemadaman. Kobaran api yang terus membesar, sangat cepat menjalar melumat 3 unit bangunan Ruko lainnya yang berdiri berdampingan hingga ludes terbakar rata dengan tanah.

Kobaran api dipastikan benar-benar bisa di jinakkan atau padam total, setelah tiba sebanyak 3 unit armada pemadam kebakaran yang di kerahkan dari Pos Damkar Kluet Raya, Bakongan dan Tapaktuan yang baru tiba di lokasi sekitar 30 menit pasca kejadian kebakaran. Api benar-benar dipastikan telah padam total sekitar pukul 05.30 WIB.

Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran bersama beberapa pejabat terkait lainnya pada Sabtu pagi ini, langsung turun meninjau lokasi kebakaran sekaligus menyalurkan bantuan masa panik dari Pemkab Aceh Selatan untuk memenuhi kebutuhan sandang dan pangan para korban.

“Bantuan masa panik telah di salurkan oleh Pemkab Aceh Selatan melalui Dinas Sosial dan BPBD, sambil kita menunggu upaya bantuan lainnya yang segera akan di salurkan kepada para korban,” kata Kalak BPBD Aceh Selatan, Cut Syazalisma S.STP.

Sementara itu, Camat Kluet Selatan, Moeriadi SE, menyatakan bahwa total bangunan yang hangus terbakar rata dengan tanah dalam musibah kebakaran pada Sabtu subuh itu berjumlah 5 unit. Yakni selain 4 unit Ruko semi permanen juga ada 1 unit kios di tambah 2 unit Ruko lainnya yang mengalami rusak ringan.

“Kepala keluarga (KK) yang menjadi korban dalam musibah ini berjumlah sebanyak 5 KK atau 19 jiwa,” sebutnya.

Pos terkait