oleh

Kecamatan Meukek Juara Umum MTQ ke-35 Aceh Selatan

TheTapaktuanPost | Kluet Selatan. Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran secara resmi telah menutup MTQ ke-35 tingkat Kabupaten Aceh Selatan yang berlangsung di Gampong Geulumbuk, Kecamatan Kluet Selatan, Selasa (23/3/2021) siang.

Acara penutupan MTQ ke-35 yang tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 tersebut selain ikut disaksikan langsung oleh seluruh peserta juga disaksikan oleh ratusan masyarakat yang memadati lokasi acara.

Sebelumnya, dalam rangkaian penutupan perlombaan MTQ ke-35 yang berlangsung sejak tanggal 19 Maret 2021 tersebut, pihak panitia telah mengumumkan khafilah dari Kecamatan Meukek berhasil meraih gelar juara umum pada MTQ ke-35 tahun 2021 tersebut.

Berdasarkan hasil perlombaan dari setiap cabang yang diumumkan oleh Koordinator Dewan Hakim H. Ahmad Ibrahim, BA nilai point tertinggi adalah sebanyak 57 yang berhasil diraih oleh kafilah Kecamatan Meukek.

“Maka juara umum jatuh pada Kecamatan Meukek disusul peringkat kedua Kecamatan Tapaktuan, peringkat ketiga Kecamatan Kluet Selatan, peringkat keempat Kecamatan Samadua serta peringkat kelima Kecamatan Sawang,” sebut H. Ahmad Ibrahim.

Dalam sambutannya, Tgk. Amran menyampaikan bahwa pelaksanaan MTQ merupakan wahana untuk menumbuhkan semangat membaca dan mempelajari Al-Qur’an, sehingga kalam ilahi tersebut benar-benar menjadi pedoman hidup dalam menghadapi derasnya pengaruh globalisasi.

“Saat ini, setiap detiknya kita dihadapkan kepada kenyataan bahwa anak-anak serta pemuda dan pemudi terus dipengaruhi oleh tayangan televisi dan internet. Disinilah kejelian dan kearifan kita selaku orang mendidik mereka menjadi generasi pencinta Al-Quran,” kata Tgk. Amran.

Makanya, Bupati Aceh Selatan dengan rasa bangga dan terharu menyampaikan selamat kepada masing-masing juara yang telah meraih peringkat terbaik di bidangnya masing-masing.

Sedangkan bagi peserta yang belum berhasil meraih prestasi, Bupati Amran meminta agar terus berlatih dan memacu diri, serta tetap semangat dan tidak berputus asa.

“Terus asah kemampuan untuk dapat menjadi yang terbaik pada event MTQ berikutnya,” pesan bupati.

Menurut bupati, semangat berlatih untuk mengasah kemampuan tidak boleh berhenti hanya sampai di penghujung acara tersebut. Sebab, ujarnya, pelaksanaan MTQ merupakan sebuah wahana dalam rangka memacu pengembangan tilawah, hafalan, serta pendalaman isi kandungan Al-Qur’an.

“Maka upaya yang dilakukan tidak boleh berhenti sampai disini. Kegiatan yang sarat dengan syiar islam ini akan menjadi tanpa makna apabila tidak meninggalkan kesan tersendiri dari moment setiap perlombaan MTQ,” ujarnya.

Di akhir sambutannya, Bupati Aceh Selatan menyatakan pihaknya baik atas nama pribadi dan keluarga maupun atas nama Pemkab Aceh Selatan mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pihak panitia, dewan hakim, seluruh masyarakat serta semua pihak terkait lainnya yang telah mendukung dan bekerja keras menyukseskan pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Aceh Selatan yang ke-35 tahun 2021.

Turut hadir mengikuti prosesi penutupan MTQ ini, pejabat Forkopimda diantaranya Ketua DPRK, Wakapolres, Kasdim, anggota DPRK, para asisten dan para Kepala OPD serta tamu undangan lainnya.

News Feed