Peringati Hari Pahlawan, Pemkab Aceh Selatan Gelar Upacara dan Tabur Bunga

  • Whatsapp

TheTapaktuanPost | Tapaktuan. Peringati Hari Pahlawan 10 November 2022 Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan menggelar upacara ziarah dan tabur bunga di Makam Pahlawan T. Cut Ali, di Gampong Suak Bakong, Kecamatan Kuet Selatan dan Makam Raja Lelo, di Gampong Sapik, Kecamatan Kluet Timur, Kamis (10/11/2022).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kapolres Aceh Selatan, AKBP Nova Suryandaru, S.I.K , Perwira Upacara Kapten Inf Amri Umari, Komandan Upacara Kapten Inf Priya Utama serta dihadiri Sekda Aceh Selatan, Cut Syazalisma, S.STP, unsur Forkopinda, para Asisten Setdakab, Kepala SKPK, para PNS di jajaran Pemkab Aceh Selatan, Personel TNI/Polri, para Veteran yang tergabung dalam Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten dan organisasi wanita lainnya serta tamu undangan yang mengikuti acara tersebut.

Upacara hari pahlawan ini diwarnai dengan pemberian bingkisan kepada sejumlah veteran yang diterima oleh masing-masing perwakilan veteran dan diiringi dengan tabur bunga oleh unsur forkopimda. Peringatan hari pahlawan 2022 ini diselenggarakan oleh Dinas Sosial Kabupaten Aceh Selatan, dengan mengangkat tema “Pahlawan ku, Teladan ku’.

Usai upacara dimakam T. Cut Ali dilanjutkan kemakam Raja Lelo, Kecamatan Kluet Timur yang disambut langsung oleh Camat bersama 8 orang Ahli Waris dari sejumlah pahlawan di Kluet Timur, sekaligus memaparkan sinopsis perang kelulum yang disampaikan salah seorang ahli waris Yusnir S.Pd tentang sejarah singkat perjuangan pahlawan yang ada di Kluet Timur.

Dalam acara tabur bunga yang berlangsung khidmat ini, Sekda Aceh Selatan menanggapi sejarah singkat dari ahli waris yang membacakan sejarah pejuang tersebut secara seksama dan berharap sinopsis tersebut dapat dibuatkan prasasti sebagai penghargaan kepada jasa para pahlawan.