Korban Banjir Aceh Selatan Terima Bantuan dari Kemensos

  • Whatsapp

TheTapaktuanPost | Tapaktuan. Ratusan korban banjir di wilayah Trumon Raya Kabupaten Aceh Selatan yang menempati beberapa titik tempat pengungsian sejak beberapa pekan lalu menerima bantuan masa panik dari Kementerian Sosial RI yang disalurkan melalui Dinas Sosial Aceh Selatan.

Kepala Dinas Sosial Aceh Selatan Junaidi kepada wartawan, di Tapaktuan Selasa (9/11/2022) mengatakan, saat mendengar wilayah Trumon Raya diselimuti banjir sejak tanggal 31 Oktober 2022 lalu, keesokan harinya ditambah lagi banjir kiriman dari Aceh Tenggara, pihak Dinsos Aceh Selatan langsung bergerak cepat turun kelapangan.

Bacaan Lainnya

“Karena banjirnya begitu parah akibat luapan sungai, pihak Dinsos langsung berkoodinasi dengan Kementerian Sosial. Lalu oleh pihak Kementerian menugaskan Kepala Balai dari Medan untuk dilakukan assessment (cek lapangan),” kata Junaidi.

Setelah ditinjau oleh pihak Kepala Balai Medan, Junaidi mengaku bahwa hari itu juga laporan tersebut langsung direspon oleh pihak Kementerian Sosial. Kemudian Dinas Sosial Aceh Selatan bersama dengan Camat Trumon Tengah diminta untuk mengajukan permohonan bantuan.

“Alhamdulillah kita dikirimkan bantuan berupa logistik secara bertahap,” ucapnya.

Bantuan tersebut saat ini sudah sampai secara bertahap, saat ini pihaknya sedang memfokuskan kepada pengungsi, agar bantuan tersebut bisa disalurkan secepatnya.

“Sebab bantuan yang ada disalurkan selama ini hanya untuk dapur umum supaya para korban bisa makan dan minum,” ucapnya seraya menyatakan bantuan tersebut akan diserahkan sesuai laporan data pengungsi yang terdampak banjir.

“Dinas Sosial bertanggungjawab terutama dari sisi masa panik dari berbagai bencana yang terjadi, khususnya di Aceh Selatan ini, kami bersama BPBD Aceh Selatan terus memantau perkembangan bencana banjir tersebut,” tandasnya.

Adapun bantuan logistik yang diterima dari Kemensos adalah Mie Instan 2000 dus, Telor 2000 Kg, Pempers anak memories 350 pack, Air Mineral Adant 500 kotak, Minyak Goreng 200 liter, Roti 300 dus, Kecap ABC 25 dus, Sarden alami Indo 60 dus, Saus ABC 50 dus, Susu SGM bayi 50 dus, Susu kaleng Cornation 50 dus dan Pempers dewasa 150 pak.

Pos terkait