Ini Pesan Bupati Aceh Selatan Saat Launching Vaksinasi PMK Tahap II

  • Whatsapp

TheTapaktuanPost | Pasie Raja. Satuan Tugas (Satgas) Penanganan PMK Aceh Selatan mulai melakukan vaksinasi anti penyakit Mulut dan Kuku (PMK) tahap kedua terhadap ternak kerbau dan sapi guna mencegah wabah penyakit tersebut semakin meluas.

Penyuntikan dosis vaksin tahap kedua secara sombolis dilakukan langsung oleh Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran yang diwakili Asisten Pemerintahan Setdakab, Kamarsyah S.Sos,MM serta pejabat mewakili Kapolres dan Dandim 0107 pada Hewan Ternak Sapi milik Kelompok Ternak Bahagia, Gampong Krueng Kalee, Kecamatan Pasie Raja, Selasa (26/7/2022).

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Asisten Pemerintahan Setdakab, Kamarsyah, mengharapkan kepada seluruh masyarakat untuk saat ini hewan ternak peliaraan sebaiknya dikurung atau dikarantina dulu, untuk menjaga dan mencegah terjangkiti wabah penyakit PMK yang saat ini sedang mewabah menyerang ternak di daerah.

“Kita juga mengharapkan agar saat ini jangan ada dulu hewan ternak baru dari luar daerah masuk ke dalam daerah, hal ini untuk mengantisipasi semakin menyebarnya wabah penyakit, sebab pemicu utamanya tentu akibat masuknya hewan ternak dari luar,” kata Kamarsyah.

Dalam kesempatan itu, Kamarsyah juga terus memberikan motivasi kepada para petugas yang saat ini sedang bekerja maksimal dilapangan melakukan penyuntikan dosis vaksin guna mencegah makin meluasnya wabah panyakit PMK.

“Pemkab Aceh Selatan mengapresiasi semangat para petugas yang saat ini sedang bekerja keras dan maksimal mencegah wabah PMK semakin meluas. Terus bekerja dengan penuh semangat dan tulus ikhlas dalam rangka membantu masyarakat,” pesan Kamarsyah, seraya mengharapkan kepada masyarakat jika ditemukan ada hewan ternaknya mengalami gejala-gejala penyakit agar segera melaporkannya kepada petugas terdekat seperti Puskeswan, Polsek dan Koramil sehingga penanganannya bisa cepat dilakukan.

Kadis Pertanian Aceh Selatan, H. Nyaklah SP kepada TheTapaktuanPost, mengatakan, untuk launching vaksinasi tahap II ini, pihaknya mengambil titik pada Kelompok Ternak Bahagia Gampong Krueng Kalee, Pasie Raja.

“Tahapan ini terus berlanjut selama satu pekan kedepan yaitu mulai tanggal 20 – 31 Juli 2022 sampai terealisasi 100% dari jumlah vaksin tahap II yang didistribukan oleh Dinas Peternakan Aceh beberapa waktu lalu sebanyak 1.000 dosis,” kata H. Nyaklah.

Pada hari ini, lanjut Nyaklah, pihaknya menargetkan penyuntikan vaksinasi hewan ternah sapi dan kerbau di tiga titik dalam Kecamatan Pasie Raja dengan jumlah vaksin sebanyak 100 dosis. Ketiga titik tersebut yaitu Gampong Krueng Kalee, Ujong Padang Asahan dan Teupin Gajah.

Dia menjelaskan, dari 1.000 dosis vaksin tahap II yang didistribusikan Dinas Peternakan Aceh beberapa waktu lalu, tahapan penyuntikan dosis vaksin tahap pertama terhadap hewan ternak baru masing-masing dilakukan di Kecamatan Trumon sebanyak 80 dosis dan di Kecamatan Trumon Tengah 120 dosis pada 27 Juli 2022. Di Kecamatan Sawang 100 dosis pada 28 Juli 2022, di Kecamatan Pasie Raja 70 dosis pada 26 Juli 2022, Kluet Utara 100 dosis dan Kecamatan Bakongan 30 dosis serta Labuhanhaji 100 dosis pada 29 Juli 2022.

Sedangkan tahapan penyuntikan dosis vaksin tahap II (boster) terhadap hewan ternak masing-masing dilakukan di Kecamatan Pasie Raja sebanyak 100 dosis pada 26 Juli 2022, Samadua 40 dosis dan Sawang 60 dosis pada 27 Juli 2022 serta Trumon 200 dosis pada 28 Juli 2022.

“Jika tahapan sesuai jadwal yang telah ditetapkan tersebut terlaksana dengan sukses, maka kita telah merampungkan vaksinasi 100% dari total jumlah vaksin yang direalisasikan Dinas Peternakan Aceh sebanyak 1.000 dosis pada tahap II,” pungkasnya.

Pos terkait