7.675 Jiwa di Aceh Selatan Terdampak Banjir, Sejumlah Fasilitas Umum Rusak

  • Whatsapp

TheTapaktuanPost | Tapaktuan. Puluhan desa di enam kecamatan di Aceh Selatan yakni Tapaktuan, Samadua, Pasie Raja, Kluet Timur, Trumon Timur dan Kota Bahagia dilanda banjir dan tanah longsor pasca wilayah itu diguyur hujan lebat dengan intensitas tinggi disertai angin kencang sepanjang Minggu (12/5/2024) sore hingga malam.

Kalak BPBD Aceh Selatan, H. Zainal SE mengatakan, banjir dengan ketinggian antara 20 cm hingga 70 cm selain merendam rumah-rumah penduduk juga merusak sejumlah fasilitas umum.

Bacaan Lainnya

“Total warga terdampak bencana banjir dan tanah longsor sebanyak 7675 jiwa, transportasi lintasan jalan nasional Tapaktuan-Medan sempat terganggu akibat terendam banjir dan pohon tumbang serta tanah longsor,” kata H. Zainal di Tapaktuan, Senin (13/5/2024).

Di Kecamatan Tapaktuan, terjadi tanah longsor 4 titik di Desa Lhok Rekam dan 1 titik di jalan kompleks perkantoran Puncak Gemilang serta 1 titik di Desa Air Pinang. Pohon tumbang di jalan menuju Desa Panton Luas dan Lhok Rekam serta rusaknya badan jalan dan drainase di Desa Batu Itam.

Di Kecamatan Kluet Timur, tanggul perairan pengaman persawahan Desa Lawe Cimanok rusak sepanjang 30 meter. Badan jalan di Desa Lawe Cimanok sepanjang 30 meter dan badan jalan menuju Tapak Aulia rusak. Sedangkan di Kecamatan Pasie Raja, badan jalan dan jembatan di Desa Lhok Sialang Rayeuk rusak.

Tim reaksi cepat BPBD Aceh Selatan bersama masyarakat terdampak sejak Minggu malam hingga Senin pagi ini sudah mulai membersihkan puing-puing material akibat kejadian banjir dan pohon tumbang serta tanah longsor yang menghambat akses jalan.

“Transportasi lintasan jalan naisonal telah normal kembali sejak Minggu malam kemaren setelah petugas dibantu masyarakat cepat membersihkan material pohon tumbang dan tanah longsor yang menutupi badan jalan,” kata H. Zainal.

Pantauan saat ini, tambah H. Zainal, air mulai berangsur surut di bebepa lokasi kejadian. Sedangkan pohon tumbang di jalan lintas nasional Tapaktuan – Medan telah selesai dibersihkan dan arus lalulintas kembali normal.

Pos terkait