Ini Tanggapan BKSDA Terkait Harimau Mangsa Kambing di Perumnas Kolam Aroya Tapaktuan

  • Whatsapp

TheTapaktuanPost | Tapaktuan. Sejak dua pekan terakhir seekor Harimau Sumatera dilaporkan kerap turun di wilayah perkampungan penduduk Perumnas Kolam Aroya, Gampong Lhok Bengkuang, Kecamatan Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan. Bahkan, si “Raja Hutan” ini telah memangsa tiga ekor kambing milik masyarakat setempat.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Selatan, Wirli kepada wartawan Rabu (13/7/2022) membenarkan terkait adanya laporan Harimau Sumatera, ukuran umur dewasa kerap turun dan memangsa hewan ternak warga di daerah itu.

Bacaan Lainnya

“Tim BKSDA Aceh Selatan sudah hampir 2 minggu memantau di titik lokasi tersebut dengan memasang kamera pengintai serta juga telah memasang kandang perangkap harimau setelah lebih dulu meminta izin kepada pihak kepolisian,” ujarnya.

Namun Wirli mengakui, untuk saat ini belum ada tanda-tanda kemunculan hewan yang habitatnya dilindungi tersebut. Meskipun berdasarkan laporan yang diterima telah memangsa kambing warga.

“Berdasarkan hasil pemantauan sejauh ini belum ada tanda-tanda kemunculannya, kendati demikian kami terus berusaha maksimal dilapangan,” ucapnya seraya meminta kepada masyarakat agar lebih ekstra berhati-hati saat melintasi kawasan tersebut.

“Karena harimau tersebut belum berhasil ditangkap, maka kami imbau masyarakat agar lebih baik jangan keluar rumah dulu jika tidak begitu penting, karena dikhawatirkan nantinya timbul kejadian yang tidak di inginkan,” pintanya.

Pos terkait