Banjir Kiriman di Kecamatan Trumon Timur Diperkirakan Terus Naik dan Meluas Malam Ini

  • Whatsapp

TheTapaktuanPost | Trumon Timur. Meskipun kondisi cuaca di wilayah Kabupaten Aceh Selatan khususnya wilayah Trumon Raya tidak sedang diguyur hujan lebat intensitas tinggi dan sedang, namun wilayah Kecamatan Trumon Timur, perbatasan kabupaten setempat dengan Pemko Subulussalam dilaporkan mulai diterjang banjir luapan, Kamis (21/4/2022).

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Selatan, Suhada, saat dihubungi dari Tapaktuan, mengatakan, setelah menerima informasi telah terjadi banjir luapan pihaknya langsung mengerahkan sejumlah personel dari Pos Damkar PB 09 Trumon Timur ke lapangan untuk memantau kondisi atau perkembangan terjangan air di titik lokasi yang terendam banjir.

Bacaan Lainnya

Hasil pantauan petugas dilapangan, banjir luapan yang terjadi secara tiba-tiba meskipun wilayah setempat tidak sedang diguyur hujan itu, merupakan banjir kiriman dari Aceh Tenggara.

“Terpantau sekitar pukul 13:12 WIB siang ini, air mulai meluap dilahan perkebunan warga dan terus bergerak ke permukiman penduduk,” kata Suhada.

Ia menyebutkan, dari sejumlah gampong dalam Kecamatan Trumon Timur sejauh ini yang terpantau telah mulai terendam banjir luapan baru satu gampong yaitu Dusun Blok B Gampong Seuneubok Pusaka dengan ketinggian air mencapai 30 Cm dibawah lutut orang dewasa.

“Saat ini air sudah mulai naik dan sudah meluap ke atas badan jalan sehingga mengganggu aktivitas masyarakat. Luapan air juga terus meluas diperbatasan perkebunan dengan permukiman penduduk, luapan banjir sudah mulai menerjang area belakang rumah warga,” ujarnya.

Pihaknya memprediksi, banjir luapan kiriman dari Aceh Tengara ini akan terus naik dan terus meluas pada sore hari ini hingga malam nanti. Untuk mengantisipasi hal itu, pihaknya terus menjalin komunikasi dan koordinasi dengan pihak perangkat gampong serta masyarakat setempat agar melaporkan setiap perkembangan (update) kondisi terkini yang terjadi.

“Petugas kami dilapangan terus melakukan pemantauan dan berkoordinasi dengan perangkat gampong, diharapkan agar langsung melaporkan setiap perkembangan situasi yang terjadi dilapangan. Kami sedang memberi attensi khusus terhadap wilayah setempat,” ungkapnya seraya menyatakan sejauh ini berdasarkan hasil pantauan dilapangan masih nihil atau belum ada dampak kerugian yang dialami masyarakat setempat.

Pos terkait