Trumon Timur Juara I Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Kabupaten

  • Whatsapp

TheTapaktuanPost | Tapaktuan. Kecamatan Trumon Timur berhasil meraih juara I apresiasi Bunda PAUD tingkat kabupaten, peringkat II diraih Kecamatan Meukek dan peringkat III Labuhanhaji Barat. Sedangkan juara I tingkat gampong di raih Gampong Pasar Lama Kecamatan Labuhanhaji, juara II Gampong Lhok Sialang Cut Kecamatan Pasie Raja dan juara III Gampong Panton Luas Kecamatan Samadua.

Pengumuman pemenang ini disampaikan saat berlangsungnya acara Apresiasi Bunda PAUD dengan tema  “Melangkah Bersama Menuju PAUD Berkualitas” yang dibuka oleh Bunda PAUD Kabupaten Aceh Selatan, Kailida Amran di Aula Dinas Pariwisata, Tapaktuan, Rabu (3/8/2022).

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Kailida Amran mengatakan bahwa esensi pengembangan pendidikan anak usia dini tidak hanya menekankan pada aspek pendidikan semata, tetapi mencakup juga aspek pelayanan gizi, pelayanan kesehatan, pengasuhan, perlindungan, serta kesejahteraan anak.

“Optimalisasi pelayanan anak usia dini dari berbagai aspek ini menjadi strategi dalam tumbuh kembang anak selama masa golden age tersebut. Untuk itu, saya berharap Bunda PAUD kabupaten maupun kecamatan mampu mengoptimalkan pelaksanaan PAUD hingga ke tingkat gampong, sehingga anak-anak Aceh Selatan dapat menjadi generasi muda yang unggul dan berkarakter,” kata Kailida.

Dikesempatan yang sama, Sekda Aceh Selatan selaku penasehat Pokja Bunda PAUD Kabupaten, Cut Syazalisma S.STP menyampaikan bahwa pentingnya pendidikan anak usia dini mengacu kepada perkembangan otak serta mental anak pada usia 0-6 tahun mencapai perkembangan yang maksimal, atau biasa disebut sebagai golden age (usia emas), dikarenakan masa pertumbuhan otak anak sedang pesat-pesatnya tumbuh dan berkembang.

“Oleh karena itu pendidikan anak usia dini sangat diperlukan, salah satunya untuk melatih kemampuan berbahasa, bersikap, dan berpikir untuk mengembangkan budi pekerti, kepekaan serta meningkatkan kedisiplinan dan memberikan pelayanan secara optimal pada anak usia dini,” ujar Cut Syazalisma.

Kegiatan ini ikut dihadiri Ketua Pokja Bunda Paud Kabupaten, Yuliani Irvana serta para Camat se-Kabupaten Aceh Selatan, Kabid PAUD Dinas Pendidikan Aceh Selatan, serta para Bunda PAUD Kecamatan dan Gampong.

Pos terkait