Apache13 “Goyang” Puncak Sigantang Sira, Malam Penyambutan Juara API Award 2021 Meriah

  • Whatsapp

TheTapaktuanPost | Trumon. Grup music Aceh, Apache13 yang tampil memukau bersama musisi Aceh, Bang Geas Maimunzir, berhasil “menghipnotis” ribuan pengunjung yang memadati arena panggung utama, Malam Penyambutan Juara API Award 2021 yang dihelat di objek wisata Puncak Sigantang Sira, Gunong Kaphoe, Trumon, Sabtu (4/12/2021) malam.

Kolaborasi apik grup music Aceh yang tengah melejit (naik daun) dengan sejumlah lagu-lagu hits-nya yang khusus tampil dipenghujung acara, sempat merepotkan pihak panitia. Awak panitia sempat dibuat kalang kabut, ketika ribuan penonton yang didominasi kaum milenial itu secara tiba-tiba maju ke depan mendekati panggung utama saat Apache13 featuring Bang Gaes menyanyikan lagu “Sigantang Sira” yang merupakan lagu icon pemenangan objek wisata tersebut. Beruntung pihak panitia dibawah komando Teuku Ajay Heru, Deri Friadi dan Masrafit sigap menghalau massa hingga situasi kembali terkendali.

Bacaan Lainnya

Malam penyambutan juara API Award 2021 yang digelar Pemkab Aceh Selatan di Puncak Sigantang Sira ini berlangsung meriah dengan tampilnya Apache13 ft bang geas Maimunzir yang hits dengan lagunya “Poh Bandet” dan “Hak Reman” itu. Suasana ditambah semakin meriah ketika Apache13 dengan suara khas vokalisnya Nazar Syah Alam melantunkan sejumlah lagunya seperti “mona”, “bek panik” dan lain – lain. Ribuan penonton yang sejak sore telah memadati arena acara seakan tak mau beranjak dari tempat duduknya hingga acara usai.

Acara penyambutan juara API Award 2021 yang dihadiri langsung Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran bersama istrinya yang juga Ketua TP-PKK Ny. Kailida Amran, Forkopimda, Ketua DPRK Amiruddin, Sekda Cut Syazalisma S.STP, para Kepala SKPK dan sejumlah tamu undangan lainnya itu, turut dilakukan penyerahan tiga piala juara API Award dari tim rombongan yang baru tiba dari Musi Banyuasin, Sumatera Selatan kepada Pemkab Aceh Selatan dan owner Sigantang Sira.

Pertama adalah penyerahan piala juara I kategori destinasi kreatif terpopuler Anjungan Tapak Tuan Tapa diserahkan oleh Kepala Dinas Pariwisata Aceh Selatan, Safril S.Sos diterima Ketua TP-PKK Aceh Selatan Ny. Kailida Amran. Kemudiaan piala juara I kategori dataran tinggi terpopuler Puncak Sigantang Sira juga diserahkan oleh Kadis Pariwisata Safril S.Sos diterima Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran. Terakhir penyerahan piala juara favorit yaitu Sigantang Sira yang diserahkan Ketua Tim Pemenangan objek wisata Sigantang Sira pada ajang API Award 2021 T. Mudasir diterima oleh owner Sigantang Sira Tgk. Abrar Muda.

Dalam laporannya, Kadis Pariwisata Aceh Selatan Safril S.Sos mengatakan, ajang API Award yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI telah berlangsung sejak tahun 2016 lalu. Ajang perlombaan keindahan objek wisata di Tanah Air yang digelar setiap tahunnya itu pada tahun 2021 ini merupakan yang ke-6 kalinya.

“Sejak kami resmi dilantik pada tahun 2019 lalu, Kabupaten Aceh Selatan secara resmi ikutserta pada ajang API Award 2020. Meskipun baru kali pertama ikut, alhamdulillah saat itu Aceh Selatan berhasil meraih juara I yaitu Rencong Batu dan juara III yaitu Surfing Samadua. Kemudian untuk kali keduanya pada tahun 2021 ini, Aceh Selatan kembali ambil bagian dan alhamdulillah berhasil melampaui raihan prestasi tahun sebelumnya dengan meraih tiga gelar juara di dua objek wisata yang masuk nominasi yaitu juara I kategori dataran tinggi terpopuler yaitu Sigantang Sira, juara I kategori destinasi kreatif terpopuler yaitu Anjungan Tapak Tuan Tapa dan juara favorite yaitu Sigantang Sira,” papar Safril S.Sos.

Menurutnya, ajang API Award ini merupakan momentum sangat tepat dan strategis dalam memajukan sektor wisata di daerah. Apalagi melalui momen promosi gratis yang langsung melibatkan masyarakat ini, keberadaan objek wisata unggulan di Aceh Selatan bisa dikenal luas ditingkat Nasional hingga Internasional.

“Ini merupakan momen sangat tepat mempromosikan keindahan pesona alam kita yang cukup indah. Sebenarnya kita memiliki potensi wisata lebih indah dari Bali. Kenapa belum begitu dikenal orang, karena promosi kita masih kurang dan terbatas. Ajang API Award inilah kesempatan kita menggencarkan promosi untuk memikat kunjungan wisatawan local dan mancanegara,” ucap Safril.

Ia mencontohkan, seperti produk kerajinan Rencong Batu yang berhasil meraih juara I pada ajang API Award 2020 lalu. Sebelumnya produk kerajinan ini belum dikenal luas bahkan orang Aceh Selatan sendiri saja belum banyak mengetahuinya. Namun setelah berhasil meraih juara API Award 2020, permintaan produk kerajinan itupun sangat meningkat.

Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran menyampaikan ucapan terima kepada seluruh lapisan masyarakat yang telah berkontribusi membantu dua objek wisata unggulan daerah itu meraih gelar juara API Award 2021.

“Tanpa dukungan maksimal dari masyarakat dan seluruh stakeholder lainnya, tak mungkin prestasi yang membawa nama harum daerah ini mampu kita raih. Tapi alhamdulillah, berkat kekompakan dan kerjakeras kita bersama, Aceh Selatan sudah dua tahun berturut-turut meraih gelar juara, sehingga daerah ini semakin dikenal luas di tingkat nasional dan internasional,” ujarnya.

Pos terkait