oleh

Kebakaran Dinihari Hanguskan 3 Kios Pedagang di Keude Trumon

TheTapaktuanPost | Trumon. Tiga unit kios berkonstruksi semi permanen di Gampong Keude Trumon, Kecamatan Trumon, Aceh Selatan hangus terbakar rata dengan tanah pada Jumat (20/11/2020) sekira pukul 01.45 WIB dinihari.

Meskipun tidak ada korban jiwa, namun kerugian material di alami korban dalam musibah ini mencapai ratusan juta rupiah. Selain kehilangan tempat tinggal, seluruh barang dagangan para korban dalam kios tersebut juga hangus terbakar.

Kapolres Aceh Selatan, AKBP Ardanto Nugroho SIK, MH, melalui Kapolsek Trumon Ipda. Adrizal S.Pd menyebutkan, tiga unit kios yang hangus terbakar tersebut masing-masing milik Ernawati (45) yaitu kios usaha kelontong. Kemudian milik Nurmala (40) yaitu kios usaha laundry dan terakhir milik Fitriah (38) yaitu kios usaha air isi ulang (galon).

“Kobaran api sangat cepat membakar bangunan kios dan api terus menjalar ke bangunan kios lain di sampingnya karena konstruksi bangunan ketiga kios tersebut semi permanen, sehingga dalam hitungan menit hangus rata dengan tanah,” kata Adrizal.

Berdasarkan keterangan saksi mata Nurmala yang merupakan pemilik kios usaha laundry, pada dinihari itu ia sedang tertidur pulas. Tiba-tiba tersentak terkejut ketika mencium bau asap. Ketika sudah bangun, ia melihat kepulan asap dan kobaran api yang sedang membakar bagian atap kios kelontong milik Ernawati yang bersebelahan dengan kiosnya.

“Sontak, Nurmala langsung berlari keluar rumah meminta pertolongan. Dalam sekejap, puluhan warga bersama personil Polsek Trumon langsung berkumpul dilokasi memberikan pertolongan dengan peralatan seadanya berupaya memadamkan kobaran api,” ungkap Adrizal, mengutip keterangan saksi.

Menurutnya, kobaran api baru benar-benar berhasil di jinakkan sekitar pukul 03.10 WIB setelah dibantu dengan armada mobil pemadam kebakaran (damkar) milik Pos Damkar 06 Kecamatan Trumon.    

“Upaya pemadaman yang dilakukan berhasil memutus dan memadamkan kobaran api sehingga tidak terus menjalar ke bangunan lainnya. Namun dalam musibah ini, tiga unit kios hangus terbakar rata dengan tanah dengan kerugian materil di taksir mencapai Rp. 290 juta lebih. Sedangkan terkait dengan penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan polisi,” ujarnya.

Pasca musibah ini, Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran telah memerintahkan pihak Dinas Sosial setempat menyalurkan bantuan masa panik kepada para korban yang diantar langsung oleh Kadis Sosial Aceh Selatan, Zubir Efendi pada Jumat pagi kemaren. [] NB

News Feed