Sekda Aceh Selatan Sambut Gembira Kunjungan Kakanwil Kemenkumham Aceh

  • Whatsapp

TheTapaktuanPost | Tapaktuan. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kakanwil Kemenkum HAM) Aceh Drs. Meurah Budiman, SH, MH melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Aceh Selatan, Kamis (20/1/2022).

Dalam kunjungannya dalam rangka peninjauan langsung kesiapan Unit Kerja Keimigrasian (UKK) Tapaktuan, di Kantor UKK Kompleks Ruko Reklamasi Pantai Tapaktuan itu, turut didampingi Sekda Aceh Selatan Cut Syazalisma S.STP, Kepala Divisi Keimigrasian Sjachril, S.Sos, Asisten Pemerintahan Erwiandi S.Sos, MSi, Kadisdukcapil, Lahmuddin, S.Sos dan para Kepala SKPK terkait.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan ini, Kakanwil melihat langsung uji coba semua perangkat pendukung serta personil sehingga akan dilakukan launching UKK Tapaktuan  dalam waktu dekat.                     

Meurah Budiman menyampaikan kehadiran UKK Tapaktuan dalam  pelayanan keimigrasian lebih efektif  dengan rentang waktu yang relatif dekat jika dibandingkan pengurusannya di kantor imigrasi Meulaboh.

Kakanwil menekankan bahwa pelayanan dokumen keimigrasian tanpa diskrimasi dengan biaya yang telah ditetapkan tanpa pungutan lain. Selain itu beliau juga menambahkan bahwa dengan kehadiran UKK Tapaktuan akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan banyak masyarakat yang mengurus pasport, dengan demikian sektor-sektor ekonomi akan bangkit sebab banyak masyarakat yang akan mengurus dukomen keimigrasian di daerah ini.

Hal senada juga disampaikan Kepala Divisi Imigrasi Aceh Sjachril, S.Sos. Ia mengatakan momentum yang luar biasa tentang kompetensi para pegawai perbantuan yang di tempatkan dan bertugas UKK Tapaktuan, dalam penerbitan dokumen negara seperti passport yang memerlukan pelayanan dengan sepenuh hati.

Sebab pelayanan kepada Warga Negara Asing dan Warga Negara Indonesia  memerlukan kompetensi sesuai Standar Operasional Procedur (SOP) yang telah di tetapkan, dengan demikian pegawai yang melayani masyarakat di Unit Kerja Keimigrasian dituntut profesionalitas serta cakap dalam pengoperasian aplikasi yang ada.

Sekda Aceh Selatan Cut Syazalisma, S.STP mengaku sangat bahagia menyambut kunjungan Kakanwil Kemenkumham Aceh beserta rombongan yang berkaitan dengan sistem pemerintahan dan pelayanan publik. Dikarenakan Pemkab Aceh Selatan terus bergerak untuk pembenahan dan fokus dalam peningkatan pelayanan.

Sekda berharap ASN Aceh Selatan yang diperbantukan di UKK Tapaktuan nantinya agar menunjukkan kinerja yang baik dan memuaskan.

Hal tersebut juga diperjelas oleh Asisten Pemerintahan  Erwiandi S.Sos, MSi, bahwa perjanjian kerja sama Pemkab Aceh Selatan dengan Direktur Jenderal Keimigrasian telah terwujud                        beberapa tahun lalu.  

Erwiandi berharap agar UKK Tapaktuan sesegera mungkin diresmikan pengoperasiannya dan dalam waktu 6 bulan kedepan semoga dinaikan statusnya dari UKK menjadi Kantor Imigrasi Tapaktuan.

Dengan demikian Kehadiran Kantor Imigrasi ini menjadi media Promosi Objek Destinasi Tempat Wisata (ODTW) kepada wisatawan lokal maupun mancanegara yang saat ini menjadi prioritas utama Pemerintah Aceh Selatan dalam upaya mempercepat kemajuan daerah dengan meningkatkan perolehan PAD.

Pos terkait