Warga Kota Bahagia Ditangkap Polisi Terkait Kasus Narkotika jenis Ganja

  • Whatsapp

TheTapaktuanPost | Kota Bahagia. Aparat gabungan dari BNNK dan Satresnarkoba Polres Aceh Selatan berhasil mengungkap kasus narkotika jenis ganja di pedalaman Kecamatan Kota Bahagia.

Dalam operasi penggerebekan yang berlangsung Jum`at (22/10/2021) sekira pukul 15.25 WIB, petugas berhasil menciduk 2 orang tersangka dan mengamankan sejumlah barang bukti (BB).

Bacaan Lainnya

“Dua orang tersangka yang berhasil kita tangkap terdiri dari satu orang pengguna dan satu orang pengedar sekaligus pemilik,” kata Kapolres Aceh Selatan AKBP Ardanto Nugroho melalui Kasatresnarkoba Iptu Zulfitriadi S.H kepada TheTapaktuanPost Sabtu (23/10/2021) malam.

Iptu Zulfitriadi mengungkapkan, penemuan barang haram tersebut berawal dari informasi yang disampaikan masyarakat yang mengaku resah dan dirugikan atas peredaran narkotika golongan satu tersebut karena dapat merusak masa depan generasi muda.

Menindaklanjuti informasi itu, personel gabungan langsung melakukan penyelidikan dilapangan hingga akhirnya berhasil melakukan operasi tangkap tangan pelaku.

“Dari hasil penyelidikan, pertama petugas berhasil menciduk pelaku pengguna narkoba jenis ganja berinisial T (37),” kata Iptu Zulfitriadi.

Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, petugas kembali berhasil meringkus pelaku lainnya yang berperan sebagai pengedar berinisial A (43).

Dari tersangka A, petugas berhasil mengamankan barang bukti ganja basah yang dijemur di atas karung beras dengan berat sekitar 100 gram termasuk seratus lebih batang ganja. Saat di interogasi petugas, tersangka A mengaku bahwa barang tersebut berasal dari ladang ganja miliknya sendiri.

“Tersangka A mengaku bahwa dirinya memiliki ladang ganja yang berada di kawasan gunung Kecamatan Kota Bahagia, dengan jarak tempuh perjalanan lebih kurang dua jam,” kata Iptu Zulfitriadi mengutip keterangan tersangka.

Informasi keberadaan ladang ganja itu langsung ditindaklanjuti oleh petugas. Untuk pengembangan kasus, sejumlah personel gabungan dari Satresnarkoba dan BNNK Aceh Selatan langsung menuju ke lokasi.

Setelah menempuh perjalanan yang melelahkan dengan masa tempuh sekitar 2 jam jalan kaki, akhirnya kelelahan petugas tersebut membuahkan hasil yang manis karena informasi yang disampaikan itu ternyata benar adanya.

Dilokasi petugas menemukan ladang ganja seluas lebih kurang setengah hektare dengan jumlah total tanaman ganja siap panen lebih kurang seratus batang.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, kedua tersangka dan seluruh barang bukti (BB) saat ini telah diamankan di Mapolres Aceh Selatan.

“Untuk mempercepat proses penyidikan kasus, kedua warga tersebut telah ditetapkan sebagai tersangka dan langsung ditahan,” pungkas Iptu Zulfitriadi.

Pos terkait