Banjir Makin Parah, Ini Respon Sekda Aceh Selatan

  • Whatsapp

TheTapaktuanPost | Trumon Tengah. Sekretaris daerah (Sekda) Aceh Selatan, Cut Syazalisma S.STP bersama Forkopimda dan para Kepala SKPK terkait, pada Kamis (3/11/2022) petang, bergerak cepat meninjau sekaligus menyerahkan paket bantuan masa panik kepada para korban banjir di Kecamatan Trumon Tengah pasca makin parahnya kondisi bencana banjir luapan di wilayah itu.

Tiba diwilayah itu, Sekda beserta rombongan langsung meninjau korban banjir yang berada di Gampong Cut Bayu, Kecamatan Trumon Tengah dengan jarak tempuh sekitar 1 kilometer dari Gampong Jambo Papeun. Rombongan melintasi banjir yang belum surut itu dengan menaiki perahu karet tim penyelamat yang sudah disediakan oleh BPBD Aceh Selatan.

Bacaan Lainnya

Sekda yang mewakili Bupati Aceh Selatan mengatakan, musibah banjir yang terjadi di berbagai kabupaten/kota di Aceh, juga telah berdampak ke kabupaten setempat.

“Dalam situasi seperti ini hal utama yang kita lakukan adalah segera mengevakuasi masyarakat yang terdampak banjir demi keselamatan jiwa serta menyalurkan  logistik dimasa tanggap darurat khususnya terhadap pengungsi yang harus meninggalkan tempat tinggalnya,” kata Sekda Cut Syazalisma.

“Dalam kondisi seperti ini pemerintah daerah bersama semua unsur masyarakat lintas sektor senantiasa hadir guna meringankan beban masyarakat yang pada saat ini sangat membutuhkan bantuan,” tambah Sekda.

Karena itu, ia berharap kepada tim gabungan yang terdiri dari bidang kesehatan, keamanan ketertiban dan fasilitas lain, pemerintah daerah bersama unsur Forkopimda senantiasa tetap membantu masyarakat dengan seluruh sumber daya yang ada di wilayah Trumon Raya.

“Kita berharap kepada korban banjir agar ikhlas menerima musibah ini dan kepada orang tua juga harus menjaga anak-anaknya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan bersama. Khusus kepada tim kesehatan, mulai besok kita akan melakukan pemeriksaan kesehatan masyarakat terdampak musibah agar terhindar dari wabah penyakit,” kata Sekda.

Lebih lanjut Sekda mengatakan, untuk langkah penanganan lanjutan dalam waktu sesegera mungkin pihaknya akan berkoordinasi ke Pemerintah Provinsi, supaya dapat dibantu pendistribusian logistik ke titik-titik lokasi pengungsian. Dan terkhusus untuk anak-anak yang masih bersekolah akan dibuatkan tempat belajarnya dilokasi pengungsian dengan menghadirkan guru ke titik lokasi dimaksud.

Pantauan dilokasi, usai dari Gampong Cot Bayu, Sekda bersama rombongan langsung menuju ke tempat pengungsian di Kompi Brimob, Kecamatan Trumon Timur sekaligus menyerahkan bantuan kepada para korban banjir.

Musibah banjir genangan yang saban tahun kerap terjadi akibat meluapnya arus sungai Lae Soraya, Pemko Subulussalam yang berhulu dari Kabupaten Aceh Tenggara itu, telah merendam sejumlah pemukiman penduduk dan lahan perkebunan serta pertanian masyarakat dibeberapa gampong dalam wilayah Trumon Raya sejak 31 Oktober dan terus berlanjut hingga 2 November 2022.

Pos terkait