Bupati Aceh Selatan Hadiri Haul ke-2 Abuya Syech M Hasbi Nyak Diwa

  • Whatsapp

TheTapaktuanPost | Kluet Utara. Pondok Pesantren Darurrahmah Gampong Kota Fajar, Kecamatan Kluet Utara, Aceh Selatan menggelar kegiatan haul ke-2 atas meninggalnya pimpinan pondok pesantren itu, Alm. Abuya Syech Tgk. H. M Hasbi Nyak Diwa, di Kompleks Ponpes Darurrahmah, Gampong Kota Fajar, Kecamatan Kluet Utara, Kamis (6/1/2022).

Kegiatan ini dihadiri langsung Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran, Dandim 0107/Aceh Selatan Letkol Inf M Yusuf S.I.Kom, Sekda Cut Syazalisma S.STP, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Drs. H. T. Darisman, Ketua MPU Aceh Selatan Tgk H Armia Ahmad, Pimpinan Pondok Pesantren Samalanga Tgk.H Nuruzzahri, Seluruh Kepala SKPK, Camat dan para Kabag Setdakab Aceh Selatan.

Bacaan Lainnya

Selain itu, hadir juga Pimpinan Pondok Pesantren Darurrahmah sekarang ini Tgk Hijratuddin, Danramil 06/Kluet Utara Kapten Inf Amri Umari, seluruh Kapolsek se-Kluet Raya, Ketua Panitia Haul Tgk. Abrar Muda, seluruh Tgk/Pimpinan Pondok Pesantren se-Kluet Raya serta undangan lainnya lebih kurang sekitar 1.000 orang.

Tgk. H Muhammad Hasbi S.Sos.i, anak almarhum Abuya Syech Tgk. H. M Hasbi Nyak Diwa, dalam laporannya mengatakan, pihaknya mewakili dari keluarga mengucapkan terima kasih kepada pihak panitia serta pihak-pihak lainnya yang telah memberikan dukungan penuh hingga terlaksananya kegiatan tersebut.

Dalam kesempatan itu, Ia juga menyampaikan terimakasih kepada pemerintah daerah dan Kementerian Agama Aceh Selatan yang telah membantu mewujudkan legalitas status ponpes tersebut di akui oleh pemerintah.

“Alhamdulillah status dayah kita ini, sudah diakui oleh pemerintah dan dalam waktu dekat dayah kita ini akan disetarakan dengan sekolah MAN tinggal menunggu turunnya SK dari Kementerian Agama,” ujarnya memberi kabar gembira kepada seluruh masyarakat setempat.

“Mari sama-sama kita berdoa agar santriwan-santriwati yang menuntut ilmu di dayah kita ini bisa mendapatkan ijazah sebagai bekal anak-anak kita menatap masa depannya di kemudian hari. Karena dari pihak kementerian agama sudah merespon dengan baik, untuk seterusnya kami meminta dorongan dan bantuan masyarakat Aceh Selatan supaya mendukung program-program dayah ini supaya lebih maju. Untuk itu kalau ada kekurangan dan kesalahan kami selaku keluarga meminta maaf yang sebesar-besarnya,” tambah Tgk. H Muhammad Hasbi S.Sos.i.

Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran dalam sambutannya menyampaikan pesan kepada seluruh santriwan/santriwati untuk tetap semangat dalam meneruskan estafet menyebarkan syiar Islam sebagaimana yang dicita-citakan oleh Abon Kota Fajar dulu.

“Saat ini almarhum tidak bersama kita lagi. Santriwan dan santriwati ingatlah selalu pesan-pesan almarhum untuk menjaga akhlak, khususnya menjaga diri dari pengaruh buruk paham wahabi yang sekarang lagi berkembang. Untuk itu marilah sama-sama kita menjaga dan membuka majelis taklim di tiap-tiap kampung supaya faham wahabi tidak berkembang di wilayah kita ini,” pinta Tgk. Amran.

Dalam rangka mendukung pengembangan Ponpes tersebut, Bupati Tgk. Amran mengatakan dalam tahun anggaran 2022 ini Pemkab Aceh Selatan telah menganggarkan dana sebesar Rp. 2 miliar. Makanya, bupati berpesan kepada para santri agar benar-benar serius dalam menuntut ilmu.

“Kita semua juga harus berdoa supaya Pandemi Covid-19 cepat berlalu. Alhamdulillah saat ini masyarakat di wilayah kita yang sudah di vaksin telah mencapai 60 %, untuk itu bagi masyarakat yang belum di vaksin supaya mendatangi gerai-gerai vaksin yang telah di sediakan di tiap kecamatan, karena vaksin tersebut aman dan halal,” ujar bupati.

Kegiatan yang selesai pukul 13.30 WIB itu di akhiri dengan penyampaian ceramah oleh Tgk H. Nuruzzahri (Waled Samalanga) sekaligus doa.

Pos terkait